Halaman

Kamis, 05 Januari 2012

PANDUAN PRAKTIS MENANGANI ANAK DEMAM

1         Apabila buah hati demam kadang Bunda menjadi bingung apa yang harus diperbuat untuk menangani anak Demam. Rasanya ingin melakukan apa saja asalkan bisa membuat buah hati sehat kembali dan bisa tertawa lepas kembali. Berikut ini disajikan panduan praktis untuk menangani anak demam. Yang pertama dilakukan apabila anak demam adalah ruangan dijaga agar tidak panas. Pasanglah kipas angin. Anak pun sebaiknya memakai baju yang tidak tebal.
2         Anak harus mengonsumsi banyak cairan. Seringlah memberikan minum air, air sup, jus buah segar yang dicampur air, es krim. Jika sering muntah atau diare, beri oralit.
3         Biarkan anak memakan apa yang diinginkan, jangan dipaksa. Hindari makanan yang berlemak juga makanan yang sulit dicerna
4         Berikan kompres dengan air hangat.
5         Pada suhu :
·         Kurang dari 38,3⁰C : tidak perlu obat penurun panas, minum yang banyak
·         Lebih dari 38,3⁰C : Beri obat penurun panas, kompres air hangat
·         Lebih dari 40⁰C : beri obat penurun panas, kompres air hangat, hubungi dokter
6         Kompres hangat akan menurunkan suhu anak dalam waktu 30 – 45 menit. Cara mengompresnya : letakkan anak di bath tub atau ember mandi yang diisi air hangat bersuhu 30 - 32⁰C, atau usapkan air hangat di sekujur tubuh anak, jika ia menolak dudukkan anak di ember atau bath tub, beri mainan dan ajak bermain.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kesehatan Ibu dan Anak Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon